PPL Mahasiswa dan Mahasiswi oleh beberapa Universitas di Pengadilan Agama Purwokerto

PRAKTIK MAGANG DI PENGADILAN  AGAMA PURWOKERTO

            Saat ini paling tidak ada 3 (tiga) institusi pendidikan yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang di Pengadilan Agama Purwokerto, yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSOED Purwokerto, SMK dan STAI Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes, dan Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah. Sebelumnya 11 mahasiswi/a IAIN Purwokerto selama 1 (satu) bulan juga mengadakan PPL di Pengadilan Agama Purwokerto dan telah berakhir pada hari Jum’at 7 Pebruari 2020 lalu.

Akmal Bashori, S.H., M.H., yang mewakili Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah menyerahkan 10 mahasiswa dan 8 mahasisiwi kepada Ketua Pengadilan Agama Purwokerto untuk melakukan Praktik  Pengalaman Lapangan (PPL) selama 1 (bulan).

“Mohon kepada bapak Ketua beserta jajarannya untuk berkenan membimbing dan mengarahkan para mahasiswa/i kami agar mereka dapat mengetahui lebih jauh tentang praktik peradilan yang selama ini hanya mereka pelajari teorinya saja di kampus, sehingga setelah menjalani PPL mereka diharpkan lebih “melek” dan mengenal lebih dalam tentang bagaimana proses berperkara di pengadilan agama.” Demikian harapan dari pak Akmal.

Secara resmi 18 mahasiswa/i  Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah diterima oleh PLH Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, Drs. Asnawi, S.H., M.H., di ruang sidang utama pada hari Senin 10 Pebruari 2020 jam 13.30.

Dalam kata sambutannya, Drs. Asnawi, S.H., M.H., mengucapkan selamat datang kepada adik-adik mahasiswa/i Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah dan permohonan maaf karena Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. H. Tahrir tidak bisa hadir menyambut saudara. “Beliau saat ini sedang menjalani cuti.” Jelas Asnawi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan secara global tentang proses beracara di Pengadilan Agama Purwokerto yang perlu diketahui oleh para peserta PPL. “Untuk lebih detilnya nanti saudara-saudara akan dibimbing dan diarahkan oleh para hakim yang akan memberikan pengalaman sebagai praktisi dilapangan selama menajdi hakim menangani perkara di Pengadilan Agama Purwokerto.”

“Saudara juga nanti akan diperbantukan di kepaniteraan dan kesekretariatan di samping mengikuti proses persidangan serta mengadakan sidang semu atau simualsi sidang. Untuk itu saya minta saudara harus benar-benar serius mengikuti program PPL ini.” Pinta pak Asnawi.

Hadir dalam acara penerimaan mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo Jawa Tengah Imam Aryono, S.E., M.M., yang merupakan Dosen Pembimbing dari kampus, sementara dari Peangdilan Agama Purwokerto tampak hadir pula Drs. H. Juhri, M.H., Hakim Pengadilan Agama Purwokerto, selaku Pembimbing lapangan yang akan mendampingi para peserta  selama PPL di kantor Pengadilan Agama Purwokerto. (xamim)..