PELANTIKAN & PENGAMBILAN SUMPAH PNS

     Di tengah merebaknya penyebaran Covid-19, acara pelantikan Pegawai Negeri Sipil atas nama Leni Luvita Sari, S. Sos., dilaksanakan dengan sederhana sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran wabah virus Corona 19 yang tidak membolehkan berkumpulnya banyak orang. Dengan mengambil tempat di ruang tunggu tamu Ketua, Rabu 15 April 2020, Ketua Pengadilan Agama Purwokerto melantik sdri Lenis Luvita Sari, S.Sos., sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pengadilan Agama Purwokerto kelas 1A, berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 06/SEK/PNS.04.1/II/2020 tertanggal  28 Pebruari 2020.

     Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, Drs. H. Tahrir dalam kata-kata pelantikannya menyakini bahwa saudari Leni Luvita Sari, S. Sos. dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai Analis Kepegawaian di Pengadilan Agama Purwokerto. Selanjutnya Beliau (Tahrir-red) mengambil sumpah  saudari Leni Luvita Sari, S.Sos., yang disaksikan oleh Marodin, S.H., Murwanto, S.E. dan rohaniwan H. Imam Musyafa, S.H.

     Dalam kata sambutannya, Leni (panggilan akrab) didampingi suami Akbar Republik, S.H. berterima kasih kepada Ketua Pengadilan Agama Purwokerto yang telah berkenan melantiknya. “Saya masih harus banyak belajar. Oleh karena itu, saya mengharapkan bimbingan dan arahan dari Bapak Ketua dan segenap pegawai Pengadilan Agama Purwokerto dalam melaksanakan tugas sehari-hari saya”.

     Sementara Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, dalam kata sambutan sekaligus pembinaan mengucapkan selamat kepada saudari Leni Luvita Sari, S.sos. atas pelantikan dan pengambilan sumpah yang baru saja dilaksanakan. “Saudari sekarang sudah resmi menjadi bagian dari keluarga besar  Pengadilan Agama Purwokerto dan terikat dengan aturan ASN. Teruslah belajar dari para senior di kantor ini”. Demikian pesan pak Tahrir kepada mbak Leni.

     Dikesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Agama Purwokerto juga mengutarakan beberapa catatan penting tentang SIPP Pengadilan Agama Purwokerto yang masih stagnan. Hal ini terkait dengan masih adanya 2.612 perkara tahun 2015-2016 yang belum di-upload. Oleh karena itu, beliau (Ketua-red) memberi tugas kepada Panitera untuk mengupayakan peng-upload-an perkara tersebut.

     Beliau juga mengumumkan penggantian beberapa Panitera sidang disesuaikan dengan senioritas panitera sehubungan dengan kepindahan pak Nana, S.Ag. (Hakim-red) ke Pengadilan Agama Purwodadi yang berakibat pada hilangnya satu majelis.

     Pegawai yang baru dilantik sebelumnya adalah berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 587/SEK/CPNS.04.1/II/2020 tertanggal  28 Pebruari 2020. Leni Luvita Sari kelahiran Wonosobo tahun 1994 merupakan lulusan jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik  Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto tahun 2017, yang diangkat sesuai Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk menduduki formasi jabatan sebagai Analis Kepegawaian Ahli Pertama.

     Acara pelantikan dan sumpah sendiri hanya dihadiri oleh sedikit pegawai dan tamu undangan  mengingat masih dalam masa waspada Pandemik Covid-19. Tanpa mengurangi hikmat acara, maka  semua yang hadir dalam acara tersebut wajib mengenakan masker. Sesi pemberian ucapan selamat kepada pegawai yang baru dilantik dan disumpah dilakukan tanpa jabatan tangan guna meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19. (xamim)