PERTEMUAN PERDANA DENGAN KETUA BARU

 

Terhitung sejak hari Rabu 12 Agustus 2020, Pengadilan Agama Purwokerto Kelas IA dipimpin oleh ketua baru Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M., yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sragen Kelas IA. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 174/KMA/SK/VII/2020, tanggal 21 Juli 2020. Beliau menggantikan ketua lama Drs. H. Tahrir yang mengemban tugas baru sebagai Ketua Pengadilan Agama Pati Kelas IA.

Kamis 13 Agustus 2020 pukul 14.00 WIB, bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Purwokerto diadakan audensi perdana antara ketua baru dengan seluruh pegawai Pengadilan Agama Purwokerto. Dalam kesempatan audensi tersebut, beliau menyampaikan pesan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang kepada beliau agar “tancap gas” dalam memimpin Pengadilan Agama Purwokerto yang sudah bagus dan bersih gedungnya.

“Saya mohon dukungan dan kerjasama semua pegawai dan akan berusaha semampu saya untuk meningkatkan dan memajukan Pengadilan Agama Purwokerto, terutama dibidang SIPP, APM maupun ZI. Saya yakin tanpa dukungan dari saudara-saudara semua saya tidak akan bisa, karena saya tidak mungkin bekerja sendirian. Mari kita bekerja dengan motivasi ibadah, membudayakan budaya kerja profesional dan Islami, bebas dari korupsi agar hidup kita berkah.” pinta beliau.

“Dalam benak saya, sudah banyak yang dipikirkan untuk dapat memajukan Pengadilan Agama Purwokerto. Saya akan menata struktur dan kultur kerja para pegawai dan masalah SIPP harus ada rekayasa management agar SIPP kita tidak lagi urutan ketiga dari bawah. Kalau bias, kita balik ketiga dari atas. Untuk itu saya beri target waktu 6 bulan untuk sama-sama bekerja memperbaiki yang sudah ada di Pengadilan Agama Purwokerto ini dan pintu ruang kerja saya terbuka 24 jam.” tegas  beliau.

Lahir di Cilacap tanggal 27 Oktober 1965, dan menempuh jenjang pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banjarsari, Madrasah Tsanawiyah Negeri Majenang, Madrasah Aliyah Yogyakarta I, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Semarang dan UGM Yogyakarta;

Perlu diketahui bahwa beliau meniti karirnya sebagai hakim pertama kali tahun 2005 dan ditugaskan di Pengadilan Agama Morotai, kemudian di pindah ke Pengadilan Agama Kangean, pada tahun 2010 beliau diangkat menjadi Ketua Pengadilan Agama Kangean, Ketua Pengadilan Agama Salatiga tahun 2012, menjadi Ketua Pengadilan Agama Rengat tahun 2017 dan tahun 2019 diangkat menjadi wakil Pengadilan Agama Sragen.

Ada beberapa masukan yang sangat berharga dalam pertemuan perdana kali ini, diantaranya ada komitmen dari para hakim, panitera dan jurusita pengganti untuk bersinergi dalam melaksanakan keperkaraan dengan beberapa perbaikan dan usulan yang sangat konstruktif dari para pegawai. Pembagian tugas juga diterangkan oleh beliau, baik di kesekratariatan maupun di kepaniteraan. Bahkan secara tegas beliau juga menyatakan kesediannya untuk menangani perkara-perkara yang berat termasuk ekonomi syari’ah. Segenap pegawai yang hadir pun secara spontan bertepuk tangan menyambut kesanggupan beliau Bapak Ketua. Bravo pak Ketua!

“Tidak semua surat harus ke meja saya, cukup diselesaikan susuai dengan jenjangnya. Terkecuali surat yang harus ke ketua dan hakim baru harus sepengetahuan saya termasuk perkara yang punya bobot berat harus sepengetahuan saya.”tambahnya.

 

Rapat berlangsung dengan cukup meriah dan semangat diikuti oleh seluruh pegawai. Peserta rapat pun tampak bersemangat dan bergembira dengan sifat menggebu-gebunya pak ketua dalam penyampaian program-program beliau. Mari kita menyongsong Pengadilan Agama Purwokerto yang lebih baik dan semakin baik. Aamiin.(xamim).