UPACARA HARI ULANG TAHUN MAHKAMAH AGUNG RI KE-75 TAHUN 2020 SECARA VIRTUAL DI PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO

Bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Purwokerto, Rabu (19/08/2020) pegawai Pengadilan Agama Purwokerto mengikuti upacara peringatan HUT MAhkamah Arung RI ke 75 secara virtual yang disiarkan langsung dari halaman gedung Mahkamah Agung RI Jalan Merdeka Utara Nomor 9-13  Jakarta Pusat. Upacara kali ini mengambil tema “Modernisasi Peraduilan Untuk Indonesia Maju”.

Dalam kata sambutannya, Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H.,  mengajak kepada seluruh aparatur peradilan untuk mengadakan kontempelasi di saat-saat pandemic seperti ini. “Jadikan momentum untuk keberlanjutan dan optimalisasi program-program Mahkamah Agung dan jadikan peringatn hari ulang tahun ke-75 Mahkamah Agung RI kali ini secara berbeda menyesuaikan dengan protocol kesehatan. Rangkaian acara yang biasa diadakan untuk memeriahkan hari jadi Mahkamah Agung kali ini kita selenggarakan secara hikmat memberikan kita kesempatan untuk berkomtemplasi tentang begitu rapuhnya kehidupan dunia. Namun demikian, kehikmatan peringatan hari jadi Mahkamah Agung ke-75 kali ini, justru harus kita jadikan momentum untuk keberlanjutan dan optimalisasi program modernisasi peradilan yang telah dicanangkan sejak tahun 2018. Selama 75 tahun Lembaga peradilan Indonesia telah melalui berbagai situasi dan kondisi tantangan dan rintangan dari internal maupun dari eksternal yang merubah wajah peradilan Indonesia semakin baik dai masa ke masa. Marilah kita jadikan pengalaman tersebut untuk menjadi modal bagi kita dalam menata diri menghadapi tantangan-tantangan selanjutnya. Warga peradilan yang saya cintai dan saya banggakan, pada tahun 2020 ini kita menghadapi tantangan berat pandemic dating sebagai musuh yang tidak kasat mata namun nyata. Hampir semua lini kehidupan tidak siap dengan kejadian luar biasa ini, yang secara signifikan mengubah tatanan kehidupan manusia. Pandemi Covid-19 adalah persoalan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia yang berdampak pada semua aspek kehidupan. Tidak terkecuali pada aspek penegakan hukum dan keadilan. Pada saat semua negara berjuang mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas, menyembuhkan pasien yang sakit dan menekan angka kematian akibat Covid-19, kita juga harus berjuang agar penegakan hukum yang berkeadilan tetap berjalan, dengan tetap memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Untuk itulah, Mahkamah Agung merespon pandemic ini dengan berpijak pada asas keselamatan rakyat merupakan hukum yang tinggi dengan manerbitkan Surat Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas selama masa pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada dibawahnya”. Secara garis besar, Ketua Mahkamah Agung ingin memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses peradilan harus senatiasa terjaga dan terjamin keberlangsungannya dengan memaksimalkan teknologi guna melaksanakan tugas dibidang hukum dan peradilan.

Tampak hadir dalam upacara virtual kali ini Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M., Drs. H. Parsid, M.H. (Hakim), Drs. H. Khamimudin, M.H. (Hakim), Anwar Faozi, S.H. (Panitera), M. Nur Agus Achmadi, S.H. (Sekretaris), Gatot Sumedi (Kasubag. Umum dan Keuangan), Murwanto, S.E. (Kasubag. PTIP), Rokhimah, S.H. (Kasubag. Kepegawaian Organisasi dn Tata Laksana), Sri Lestari, Wasis, S.H. (Panitera Muda Permohonan), Sri Indah Ichwaningsih, S.H. (Panitera Muda Hukum), Ghofur Dwi Sularso, S.H. (Panitera Pengganti), Susanto, S.H. (Panitera Pengganti), H. Imam Musyafa, S.H. (Panitera Pengganti), Hj. Maslahah, S.H. (Panitera Pengganti), Marodin, S.H. (Panitera Pengganti), dan Laksono Wahyu Junaedi, S.H. (Panitera Pengganti)

          Upacara secara virtual ini diadakan sesuai dengan protokol kesehatan akibat adanya pandemi Covid-19 dengan pembatasan peserta upacara. Setelah upacaraa selesai diadakan peluncuran Direktori Putusan Mahkamah Agung Versi 3, peluncuran E-Court fitur upaya hukum banding dan penyerahan Anugerah Mahmakah Agung Tahun 2020 oleh Ketua Mahkamah Agung RI. (xamim).