mahasiswa PKL unsik

Mahasiswa Universitas Sains AI-Quran/UNSIQ Wonosobo

PKL di Pengadilan Agama Purwokerto

foto penerimaan maghasiswa PKL

Universitas Sains AI-Quran/UNSIQ Wonosobo memberikan kepercayaan dan menunjuk Pengadilan Agama Purwokerto sebagai lembaga tujuan praktek kerja lapangan mahasiswa, penempatan Mahasiswa PKL sebanyak 16 orang dimulai sejak tanggal 10-28 September 2018 tersebut diserahterimakan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Mahfudz Junaedi, MH., dan kemudian diterima oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. Sodikin, SH., MH., dan menyertai rombongan dari Unsiq hadir pula Bapak Akmal Bashori, SHI., MSI., dan Bapak Imam Aryono,SE., MM., yang masing-masing selaku Dosen Pembimbing.

Perlu disampaikan bahwa semula Bapak Ketua PAJah yang akan menyambut kedatangan Mahasiswa ini, akan tetapi karena Bapak Ketua harus mengahadiri undangan sehubungan dengan acara pembinaan oleh YM. Ketua Mahkamah Agung di Denpasar-Bali, maka dengan sangat menyesal dan beliau menyampaikan permohonan maaf tidak dapat hadir pada acara penyambutan ini, namun demikian dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami sampaikan bahwa Pengadilan Agama Purwokerto sangat bangga ditunjuk dan dipilih sebagai lembaga tujuan praktek kerja lapangan mahasiswa Universitas Sains AI-Quran/UNSIQ dan semoga jalinan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan;

Dalam sambutan serahterimanya, Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwokerto tersebut menyampaikan, Pengadilan Agama merasa tersanjung diberi kepercayaan untuk mengasuh adik-adik Mahasiswa, oleh karena itu atas nama pimpinan, Pengadilan Agama Purwokerto mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan, semoga pula Pengadilan Agama Purwokerto dapat mengemban amanat ini dengan baik, dapat memberikan pendampingan dan arahan yang terbaik tentang praktek kerja lapangan kepada seluruh adik-adik mahasiswa.

Lebih lanjut Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwokerto menjelaskan, bahwa kehadiran mahasiswa PKL yang berlatarbelakang fakultas syariah di Pengadilan Agama adalah ibarat seorang Kakak yang dikunjungi adiknya, Pengadilan Agama adalah salah satu rumah masa depan kalian, karena di Pengadilan Agama boleh jadi lebih dari 90% pegawainya adalah alumni fak syariah.

Jadi di Pengadilan Agama kalian bukan tamu, kalian adalah pemilik Pengadilan Agama masa depan, dan kalaupun pada saat ini masih kami yang mengisinya, itu hanya soal waktu sambil nunggu kalian selesai kuliah dan lulus test masuk menjadi pegawai Pengadilan Agama, tapi pertanyaannya: siapa diantara kalian yang berlatarbelakang pendidikan pesantren?, ternyata dari 16 orang PKL hanya 3 (tiga) orang mahasiswa yang mengangkat tangan mempunyai latarbelakang Pendidikan pesantren.

foto penerimaan maghasiswa PKL1

Perlu diketahui di Pengadilan Agama banyak profesi yang dapat dipilih, oleh karena itu siapkan diri kalian sejak dini, jadilah mahasiswa yang berprestasi, karena prestasi yang kalian raih itu akan memudahkan jalan untuk memilih dan meraih profesi yang diiginkan, silahkah pilih:

-         Hakim

-         Panitera sidang

-         Jurusita

-         Tenaga kesekretariatan

-         Administrasi umum

Jika kalian memilih Hakim Pengadilan Agama sebagai profesi, maka wajib mempunyai kemampuan memahami kitab kuning, jadi bagi mahasiswa yang masih berada diluar pondok, dipersilahkan segera angkat kaki pindah ranjang ke pondok. Begitu juga bagi yang memilih profesi lainnya, pastikan nilai akademik kalian diatas rata-rata;