PA PURWOKERTO BERTAMBAH 1 HAKIM LAGI....

PELANTIKAN HAKIM BARU PA PURWOKERTO

            Tepat jam 13.30 pada hari Jum’at 10 Januari 2020 Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. H. M. Tahrir, melantik Drs. H. Khamimudin, MH., yang sebelumnya adalah hakim pada Pengadilan Agama Yogyakarta berdasarkan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 251/KMA/SK/XI/2018, tanggal 27 Nopember 2018.

            Acara pelantikan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Sdr. Sodri, Pegawai Kementrian Agama Kabupaten Banyumas, yang sebelumnya dinyaynyikan lagu Indonesia raya dengan dirigen Nentin Fitriani, S. Sos., dilanjutkan dengan pembacaan SK mutasi an. Drs. H. Khamimudin, MH., oleh Annisa Dyah Restika, SH., Pegawai Honorer Pengadilan Agama Purwokerto. Kemudian pelantikan oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas oleh Hakim yang baru dilantik.

            Dalam kata perkenalannya, Drs. H. Khamimudin, M.H., yang didampingi oleh isteriHakim yang baru dilantik mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Agama Purwokerto yang telah berkenan melantiknya sekalgus permohonan maaf karena baru kali ini diadakan pelantikan meskipun SK telah terbit setahun yang lalu.

            “Mestinya saya dilantik pada bulan Pebruari 2019 tahun lalu, akan tetapi karena saya masih bertugas sebagai mentor mendampingi para mentee yang magang di Pengadilan Agama Yogyakarta, atas kebijakan bapak DIRJEN BADILAG MA-RI, bagi para Hakim yang menjadi mentor dan mendapat surat kepeutusan untuk mutasi, maka surat keputusan akan berlaku setelah para mentee selesai magang pada bulan Desember. Surat keputusan baru saya terima pada akhir bulan Nopember 2019, dan saya baru bisa melapor kepada bapak Ketua Pengadilan Agama Purwokerto pada pertengahan bulan Desember 2019 lalu. Atas keterlambatan pelantikan saya tersebut saya mohon maaf kepada bapak ketua Pengadilan Agama Purwokerto beserta jajarannya.” Demikian kata pak Khamim.

            Selanjutnya beliau juga memperkenalkan diri sebagai anak seorang petani yang lahir di Bumiayu, kira-kira 40 km dari Purwkwerto, menjadi Hakim pertama kali di Pengadilan Agama Bajawa NTT dari tahun 1997- 2002, dan diangkat menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Kupang NTT tahun 2002-2008 yang sebelumnya bapak Ketua Pengadilan Agama Purwokerto pernah pula menjadi Ketua Pengadilan Agama Kupang NTT, selanjutnya menjadi Ketua Pengadilan Agama Atambua dari tahun 2008-2010 dan dimutasi menjadi hakim Pengadilan Agama Jember Jawa Timur tahun 2010-2016. Sebelum dilantik menjadi Hakim pengadilan Agama Purwokerto, yang bersangkutan telah menjadi Hakim di Pengadilan Agama Yogyakarta tahun 2016 s/d awal Januari 2020.

            “Saya berharap kehadiran saya dapat diterima dengan baik sebagai warga baru di Pengadilan Agama Purwokerto dan senantiasa saya membutuhkan bimbingan, arahan dan dukungan dari bapak ketua Pengadilan Agama Purwokerto dan kerja sama dengan rekan-rekan hakim serta seluruh pegawai. Semoga kehadiran saya di sini dapat membawa manfaat bagi Pengadilan Agama Purwokerto.” Harap pak Khamim.

            Sementara Drs. H. Tahrir dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada sdr. Drs. H. Khamimudin, MH., atas pelantikan pada siang hari ini dan selamat bergabung. Semoga kehadiran saudara membawa kebaikan dan menambah kekuatan bagi Pengadilan Agama Purwokerto.

            “Saya berharap saudara segera dapat menyesuaikan diri dengan irama kerja di Pengadilan Agama Purwokerto. Saya percaya saudara mampu dan mau bekerja sama dengan kami yang ada di pelosok, setelah sebelumnya saudara bekerja di kota (Pengadilan Agama Yogyakarta).

            Hadir dalam acara pelantikan tersebut seluruh pegawai pengadilan Agama Purwokerto, Wakil Ketua, para hakim, Sekretaris dan beberapa mentee dari Pengadilan Agama Yogyakarta yang mengantar Drs. H. Khamimudin, M.H.

            Acara diakhiri dengan doa oleh Drs. H. Sutejo, S.H., M.H., Hakim Pengadilan Agama Purwokerto dan pemberian ucapan selamat kepada Hakim yang baru dilantik dimulai dari Ketua Pengadilan Agama Purwokerto beserta istri dan hadirin lainnya. (xamim)