PELANTIKAN HAKIM DAN PANITERA PENGGANTI PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO

PELANTIKAN HAKIM DAN PANITERA PENGGANTI

PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO

 

            Setelah Januari 2020 lalu Ketua Pengadilan Agama Purwokerto melantik seorang Hakim, kini di bulan Maret 2020 tepat pada hari Rabu 11 Maret 2020 Ketua Pengadilan Agama Purwokerto kembali melantik dua orang hakim atas nama Drs. Fuad Amin , M. Si., dan Drs. H. Parsid, M.H., sekaligus melantik pula Panitera Pengganti atas nama H. Imam Musyafa, S.H.

            Drs. Fuad Amin ,M.Si., sebelumnya adalah hakim di Pengadilan Agama Jember Jawa Timur, sedang Drs. H. Parsid, M.H., sebelumnya adalah hakim di Pengadilan Agama Purwodadi Jawa Tengah, keduanya dimutasi berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 25/KMA/SK/II/2020 tertanggal 10 Pebruari 2020, sementara  H. Imam Musyafa, S.H., sebelumnya adalah Wakil Panitera pada Pengadilan Agama Purworejo Kelas IB yang dimutasikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor:789/DjA/KP.04.6/SK/II/2020, tertanggal 20 Pebruari 2020.

            Acara pelantikan dimulai jam 13.30 dengan mengambil tempat di ruang tunggu sidang Pengadilan Agama Purwokerto didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan hymne Mahkamah Agung. Selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Sdr. Sodri, pembacaan Surat Keputusan, Pelantikan oleh Ketua, penandatanganan Pakta Integritas bagi pejabat yang baru dilantik, sambutan-sambutan dan pembinaan atau pengarahan dari Ketua Pengadilan Agama Purwokerto.

            Dalam kata sambutan dan pengarahannya, Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. H. Tahrir, mengucapkan selamat bergabung menjadi anggota keluarga besar Pengadilan Agama Purwokerto, semoga saudara-saudara dapat dengan segera  menyesuaikan dengan ritme kerja di Pengadilan Agama Purwokerto.

            “Kami percaya bahwa saudara-saudara telah memperoleh ilmu yang cukup di tempat tugas sebelumnya. Tularkan ilmu dan pengetahuan yang saudara miliki terutama  yang dari Pengadilan Agama Jember dan Purwodadi, kepada kami di Pengadilan Agama Purwokerto, sehingga dengan kehadiran saudara-saudara Pengadilan Agama bertambah maju dan mampu berkompetisi secara sehat dengan pengadilan-pengadilan agama yang lain di wilayah Jawa Tengah”. Demikian harapan beliau.

 

            Sementara Fuad Amin dan Parsid serta Imam Musyafa dalam kata perkenalannya mengatakan bahwa mereka bukan orang-orang baru di Jawa Tengah, masing-masing sudah pernah bekerja di pengadilan agama wilayah PTA Jawa Tengah. Fuad Amin, misalnya, sebelum bertugas di Jember adalah hakim Pengadilan Agama Cilacap Jawa Tengah, sementara Imam Musyafa pernah bertugas di Pengadilan Agama Banjarnegara sebelum menjadi Wakil Panitera di Pengadilan Agama Purworejo.

            Baik Fuad, Parsid maupun Imam, ketiganya siap menjadi anggota baru keluarga besar Pengadilan Agama Purwokerto dan mohon bimbingan serta arahan dari bapak Ketua Pengadilan Agama Purwokerto dan kerjasama yang baik dengan semua pegawai Pengadilan Agama Purwokerto.

            Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut rombongan dari Pengadilan Agama Jember, Purwodadi dan Purworejo serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Purwokerto. Acara pelantikan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh H. Risno, S.H. dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik didahului oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto, segenap pegawai dan diikuti oleh para undangan lainnya. (xamim)