PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN SERTA ALIH TUGAS HAKIM DI MASA PANDEMI COVID-19

 

Jum’at 24 Juli 2020, bertempat di Ruang Tunggu Sidang Pengadilan Agama Purwokerto, diadakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Gatot Sumedi sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan dan Rokhimah,S.H. sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana.

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah jabatan dimulai tepat pukul 14.00 WIB, dengan dihadiri oleh segenap Hakim, Pejabat Sruktural, Pejabat Fungsional dan seluruh Pegawai Pemerintan Non Pegawai Negeri (PPNPN) Pengadilan Agama Purwokerto dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan masa Pademi Covid-19. Lusi Afriani, S.H.I. selaku pembawa acara membuka prosesi acara dengan lafal Basmallah dan dilajutkan  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Mahkamah Agung dengan dirigen Anisa Dyah Restika, S.H.

 Pembacaan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia oleh Nentin Fitriana, S.Sos. Adapun acara pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Kelas IA Drs. H. Tahrir dan dilanjukan dengan Pengambilan Sumpah Jabatan. Sebagai saksi Laksono Wahyu Djunaidi, S.H. dan Marodin, S.H. serta bertindak sebagai rohaniwan H. Imam Musyafa, S.H.

Seusai sesi acara pelantikan dan sumpah oleh Ketua Pengadilan Agama Purwokerto,  kepada pejabat yang baru dilantik dan disumpah kemudian membaca dan menandatangan Pakta Integritas. Pakta Integritas berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Lebih konkrit sebagai perjanjian yang dibuat bersama oleh pejabat di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang berfungsi untuk menegaskan komitmen dalam menjalankan kewenangan dengan jujur sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme sebagai perwujudan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Purwokerto (Tahrir-red) menyampaikan selamat kepada pejabat yang telah dilantik dan memberi dorongan untuk lebih bersemangat dalam tugas yang baru diemban dan senantiasa mampu bersinergi serta saling mengisi.

           Acara tersebut ditutup dengan pembacaan do’a oleh Drs. H Risno (Hakim) dan dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik. Walaupun tanpa saling bersalaman namun tetap tidak mengurangi kemeriahan acara sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Selamat kepada bapak Gatot Sumedi dan ibu Rokhimah, semoga semakin sukses dalam jabatan yang baru.(Mbah Om)