PROLANTAS (PROGRESIF MELAYANI MENUNTASKAN)
SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO KELAS 1A, WEBSITE INI SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN TRANSPARASI PENGADILAN DI WILAYAH JAWA TENGAH

Arsip Berita

BIMTEK DILINGKUNGAN PERADILAN AGAMA

      

       Purwokerto - Pengadilan Agama Purwokerto merupakan salah satu pengadilan yang bertugas untuk memberikan pelayanan dibidang hukum. Setiap anggota masyarakat yang mendaftarkan perkara yang mereka hadapi di Pengadilan Agama Purwokerto akan dilayani sesuai dengan aturan serta ketentuan hukum yang berlaku. Semua (masyarakat-red) mendapat perlakuan yang sama dihadapan hukum sesuai delapan nilai utama Mahkamah Agung. Oleh karena itu, bagi setiap aparatur peradilan agama wajib memiliki dan dibekali dengan ilmu-ilmu hukum yang memadahi.

        Kamis, 30 Maret 2023, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) melakukan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di lingkungan Peradilan Agama secara daring. Acara tersebut dimulai tepat pukul 8.30 WIB dengan dibuka oleh Sekretaris Mahkamah Republik Indonesia (MA-RI) selaku Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Prof. Dr. H. Hasbi, S.H., M.H. Narasumber dalam acara bimtek tersebut adalah Yang Mulia Ketua Kamar Agama MA-RI Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. Dalam pemaparan materi bimtek tersebut, beliau (Amran-red) berpesan pada setiap aparatur peradilan agar senantiasa memahami Surat Edaran (Sema) MA-RI) dalam menangani perkara yang dihadapi.

       Bertempat di ruang Media Center, Pengadilan Agama (PA) Purwokerto turut serta mengikuti. Tampak hadir Ketua PA Purwokerto Abdul Rahman Salam, S.Ag., M.H., Wakil Ketua Dr. Amir Khalis, Hakim Drs. H. Khamimudin, M.H. (hakim), Mokhamad Farid, S.Ag., M.H. (Panitera), Sri Indah Ichwaningsih, S.H. (Panitera Muda Hukum) dan Hj. Sri Lestari Wasis, S.H. (Panitera Muda Permohonan). Sesuai arahan serta bimbingan Ketua PA Purwokerto (Rahman-red), agar setiap aparatur PA Purwokerto untuk senantiasa menambah wawasan serta pemahaman hukum guna menunjang kinerja dalam melayani masyarakat pencari keadilan. Sehingga acara bimtek merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menambah wawasan.

       Acara bimtek dimulai dari pembukaan, pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Pada kesempatan tersebut, moderator juga memberikan kesempatan bagi seluruh satuan kerja (satker) peserta bimtek untuk melakukan sesi tanya jawab terkait problematika penanganan perkara. Beberapa satker tampak antusias pro aktif mengajukan pertanyaan terkait masalah yang dihadapi ketika menangani perkara.

       Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perilaku. Segenap aparatur PA Purwokerto akan terus belajar guna memberikan pelayanan yang terbaik dan memenuhi asas keadilan bagi masyarakat pencari keadilan. Sehingga pada akhirnya semangat bangkit bersama tegakkan keadilan dapat terwujud. (more[one]two)